Categories
Produk Pilihan

Yamaha XSR 155 Supaya Tetap Optimal

Buat kamu yang ingin punya sepeda motor unik, pastinya bakal langsung lirik sepeda motor Yamaha XSR 155. Dibandingkan dengan model sepeda motor lain yang lebih modern, sepeda satu ini bakal tampil mencolok dengan gaya retronya. Tapi biarpun mengambil tema sepeda motor jadul, sepeda motor satu ini tetap terlihat elegan dan bisa bikin kamu terlihat gagah. Ditambah lagi, sepeda motor ini punya spesifikasi tangguh dan fitur-fitur yang canggih abis. Dari segi dapur pacu pun, sepeda motor ini bisa melaju kencang banget. Jadi, cocok banget buat kamu yang hobi berpacu dalam melodi. Eh maksudnya, berpacu kecepatan dengan sepeda motor lain. Tapi, kamu juga wajib banget tahu cara merawat sepeda motor ini. Supaya, sepeda motor Yamaha XSR 155 bisa terus temani kamu berpetualang di jalanan.

1. Ganti Oli Jangan Telat!

Jemput gebetan aja selalu on time, masak ganti oli malah molor? Padahal sepeda motormu nggak bisa berfungsi baik tanpa oli. Fungsi oli sudah jelas, yaitu supaya bagian sendi-sendi motor dan mesin terlumasi dan nggak gampang panas. Kalau oli sampai kotor dan nggak segera kamu ganti, bisa-bisa sepeda motor kesayanganmu ini rusak. Biaya turun motor juga nggak sedikit, lho. Makanya, kamu wajib ganti oli Yamaha XSR 155 secara rutin. Kalau kamu pakai sepeda motor buat aktivitas harian, paling nggak kamu wajib ganti oli setiap 2 bulan sekali. Apalagi kalau jarak antara tempat kerja dan rumahmu lumayan jauh, oli sepeda motormu harus ganti paling nggak sebulan sekali.

2. Rajin-Rajin Cuci Sepeda Motormu

Berkeliling kota dengan Yamaha XSR 155 memang seru. Tapi jangan lupa, kalau sepeda motormu itu juga butuh buat dicuci. Jangan sampai deh tingkat kecenya jadi jatuh gara-gara penampilannya yang penuh debu. Apalagi, kalau kamu mengendarai sepeda motor itu di musim hujan. Ya, walaupun memang sepeda satu ini memang dirancang buat touring, tapi nggak boleh jorok-jorok, lah. Apalagi lumpur yang mengering di bodi sepeda bisa memicu korosi atau karatan.

Apalagi kalau karatan sampai ke bagian mesin. Bisa-bisa performa sepeda motor kesayanganmu ini jadi menurun. Makanya, jadwalkan hari buat cuci sepeda motor Yamahamu, ya. Paling nggak, kamu harus cuci sepeda motormu 1 bulan sekali. Kalau musim hujan, bisa lebih sering lagi. Yaitu paling nggak 1 minggu sekali.

3. Jangan Lupa Cek Bagian Dapur Pengapian

Supaya performa sepeda motor Yamaha XSR 155 tetap stabil, kamu juga wajib perhatikan bagian pengapian motor. Soalnya kalau ada bagian yang aus atau rusak, sepeda motormu nggak bakal bisa melaju maksimal. Bagian pengapian motor yang perlu kamu periksa antara lain bagian kabel koil dan platina dari aki motor. Kalau kamu melihat ada gejala-gejala kerusakan, seperti nyala lampu yang lemah atau sepeda motor susah distarter, itu artinya kamu wajib ganti salah satu atau kedua komponen itu. Pokoknya, jangan kamu tunda ya. Soalnya, faktor ini benar-benar mempengaruhi kenyamanan saat berkendara.

4. Jangan Asal Pasang Sparepart

Mengecek komponen mesin dari Yamaha XSR 155 juga penting banget. Kalau ada komponen sparepart yang rusak, jangan asal pasang sparepart palsu, ya! Soalnya, biarpun harganya murah, sparepart palsu nggak bisa kompatibel dengan komponen yang lain. Akibatnya, sepeda motormu jadi rusak dan biaya perbaikannya justru lebih mahal. Makanya, beli sparepart asli memang jauh lebih baik daripada kamu beli sparepart KW.

Itulah beberapa tips buat kamu yang ingin punya Yamaha XSR 155. Semoga informasi ini bermanfaat buat kamu, ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *